Jumat, 30 September 2011

LAMBANG UNSUR

Pada masa sekarang, sudah lebih dari 100 unsur yang telah ditemukan para ilmuwan, tentunya akan sangat membingungkan bila diharuskan mempelajari dan mengingat-ingat keseluruhan unsur-unsur tersebut tanpa adanya suatu simbol atau lambang tertentu.


Para ilmuwan pada zaman dulu memperkenalkan beberapa lambang unsur. Diantaranya adalah lambang unsur kuno sebagai berikut:

Selain itu, John Dalton juga memperkenalkan lambang unsur. Semisal:




Akan tetapi lambang unsur kuno dan lambang unsur Dalton sulit dipahami dan kurang praktis apabila digunakan untuk menuliskan zat yang majemuk.

Lambang unsur yang digunakan saat ini diperkenalkan oleh Jacob Berzelius (pada tahun 1813) untuk mempermudah dalam mengingat dan menuliskan senyawa kimia.

Aturan dalam menuliskan lambang unsur:
  • Setiap unsur dilambangkan dengan menggunakan satu huruf yang diambil dari huruf pertama nama latin unsur tersebut. Lambang unsur tersebut dituliskan dengan menggunakan huruf kapital. Misalnya oksigen/Oxygen (O), hidrogen/Hydrogen (H), karbon/Carbon (C).
  • Jika terdapat dua atau lebih unsur yang memiliki huruf pertama nama latin yang sama, maka dibedakan dengan menambahkan huruf yang berkaitan dengan nama latin unsur dan dituliskan dengan huruf kecil. Misalnya klorin/Chlorine (Cl), tembaga/Cuprum (Cu), Kobalt/Cobalt dilambangkan Co, bukan CO. CO bukan lambang unsur, tetapi lambang senyawa dari karbon monoksida yang tersusun dari unsur karbon (C) dan oksigen (O).


Nama dan lambang beberapa unsur menurut Berzelius:



Latihan Soal

  1. Mengapa lambang unsur besi adalah Fe, tidak menggunakan huruf B?
  2. Mengapa lambang unsur berilium adalah Be, bukan B?
  3. Tuliskan nama unsur dari Pt, Hg, Na, Ba, B, K!
  4. Tuliskan lambang unsur dari timah, kalsium, tembaga, emas, perak, belerang, karbon, helium, nitrogen, iodin, kobalt, dan magnesium. Serta kelompokkan dalam unsur logam dan non logam!



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar